bukuberita-Diet Sehat yang Penting

Diet Sehat Itu Penting

Diet Sehat Penting Ngga sih ??

Menurut Departemen Pertanian AS, pola makan yang sehat menekankan pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu non-lemak atau rendah lemak dan produk susu. Tapi apa mineral dan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita? Jika Anda ingin meningkatkan asupan vitamin dan mineral, pertimbangkan makanan bergizi ini.

Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan untuk mata yang baik dan fungsi optimal dari sistem kekebalan tubuh. Minyak hati ikan kod, produk susu, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau tua adalah sumber makanan alami vitamin A yang sangat baik.

Vitamin B1

Vitamin B1, juga dikenal sebagai tiamin, sangat penting untuk kemampuan tubuh memproses karbohidrat. Roti gandum utuh, sereal, dan pasta kaya akan tiamin.

Riboflavin (B2)

Riboflavin (B2) ditemukan dalam sereal yang diperkaya, almond, asparagus, telur dan daging. Ini digunakan dalam banyak proses tubuh, seperti mengubah makanan menjadi energi dan memproduksi sel darah merah.

 

Niasin

Niasin, juga dikenal sebagai B3, ditemukan dalam ayam tanpa lemak, tuna, salmon, kalkun, tepung pekat, kacang tanah, dan sereal yang diperkaya. Ini membantu pencernaan dan juga mempunyai peranan penting dalam merubah makanan menjadi energi.

Vitamin B6

Vitamin B6 ditemukan dalam sereal yang diperkaya, pengganti daging berbasis kedelai yang diperkaya, kentang panggang dengan kulit, pisang, ayam tipis dan kalkun, telur, dan bayam. Ini penting untuk sistem saraf yang sehat dan membantu memecah protein dan gula yang disimpan.

Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan untuk produksi sel darah merah dan ditemukan dalam daging sapi, kerang, kerang, kepiting, salmon, unggas dan kedelai.

vitamin C

Buah jeruk, buah merah, tomat, kentang, brokoli, kembang kol, kubis Brussel, paprika merah dan hijau, kubis, dan bayam semuanya mengandung vitamin C. Ini mempromosikan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan sangat penting untuk membuat pembawa pesan kimia. otak.

Vitamin D

Vitamin D ditemukan dalam susu, keju, dan sereal yang diperkaya. Kuning telur; salmon; tetapi juga bisa dibuat oleh tubuh saat terkena sinar matahari. Kalsium perlu dirawat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Vitamin D

Vitamin D berperan sebagai antioksidan dan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Dapatkan banyak minyak nabati seperti sayuran berdaun, almond, hazelnut, bunga matahari, canola, dan kedelai untuk mendapatkan nutrisi penting ini.

Asam folat

Asam folat ditemukan dalam sereal dan produk biji-bijian yang diperkaya. Lima, lentil, dan kacang galvanzo, dan sayuran berdaun gelap. Penting untuk perkembangan sel, mencegah cacat lahir, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu pembentukan sel darah merah. Wanita hamil perlu mengambil perawatan khusus untuk mendapatkan cukup ini untuk diri mereka sendiri dan bayi mereka yang sedang berkembang.
Produk susu, brokoli, sayuran berdaun gelap seperti bayam dan rhubarb, dan produk yang diperkaya seperti jus jeruk, susu kedelai, dan tahu semuanya mengandung kalsium. Seperti Vitamin D, sangat penting dalam membantu membangun dan memelihara tulang dan gigi yang kuat.

zat besi

Daging organ, tiram, kerang, kepiting, kacang mete, biji bunga matahari, sereal dedak gandum, produk biji-bijian, dan produk kakao semuanya tinggi tembaga dan membantu metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah. Ini juga mendukung generasi energi dalam sel.
Zat besi ditemukan dalam sayuran berdaun, kacang-kacangan, kerang, daging tanpa lemak, ayam, makanan kedelai, dan beberapa makanan yang diperkaya. Oksigen perlu diangkut ke seluruh bagian tubuh melalui sel darah merah.

Kentang ditemukan dalam makanan seperti brokoli, kentang (dengan kulit), jus plum, jus jeruk, sayuran berdaun, pisang, kismis dan tomat. Ini membantu sistem saraf dan fungsi otot dan juga membantu menjaga keseimbangan air yang sehat dalam darah dan jaringan tubuh.

Daging merah, sereal yang diperkaya, tiram, almond, kacang tanah, buncis, makanan kedelai, dan produk susu adalah sumber seng yang sangat baik. Seng mendukung fungsi kekebalan tubuh, kesuburan, dan sistem saraf.
Protein merupakan komponen utama otot, organ dan kelenjar. Semua sel hidup dan semua cairan tubuh, kecuali empedu dan urin, mengandung protein. Sel otot, tendon, dan ligamen dipertahankan oleh protein. Anak-anak dan remaja membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan perkembangan, dan orang dewasa membutuhkan protein untuk menjaga integritas sel. Hal ini ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, susu dan daging.
Fungsi utama karbohidrat adalah memberikan energi bagi tubuh, terutama otak dan sistem saraf. Karbohidrat kompleks adalah pilihan terbaik untuk menstabilkan kadar gula darah. Roti gandum utuh dan sereal, kacang polong, dan sayuran bertepung semuanya merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik dan kompleks.
Bukti menunjukkan bahwa asam lemak esensial terlibat dalam banyak proses metabolisme, dan bahwa kadar asam lemak esensial yang rendah, atau ketidakseimbangan jenis antara asam lemak esensial, dapat menjadi faktor dalam banyak penyakit. Sumber yang baik adalah ikan dan kerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *